Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

10 Tips Bermain Layang-Layang Yang Benar dan Aman

Layangan Motif
Source : Pixabay

Bermain layang-layang memang asik jika dilakukan bersama teman, apalagi jika beradu layangan pasti sungguh menyenangkan. Namun dibalik itu semua, terkadang kita lupa bahwa bermain layangan harus di tempat yang benar dan aman.

Hal ini bertujuan agar bermain layang-layang tidak merugikan orang lain. Maka dari itu, perlunya seseorang mengetahui tips-tips aman ketika bermain layang-layang. Dari pada penasaran, yuk simak informasi berikut ini.



1 Menggunakan Sarung Tangan Ketika Bermain

"Benang gelasan" atau benang layangan merupakan benang yang berwarna dan dilapisi gerusan kaca. Gerusan kaca tersebut bertujuan agar ketika beradu layangan tidak gampang kalah. Namun terkadang kita lupa, bawah benang tersebut bisa merobek kulit tangan kita.

Walaupun goresannya kecil, namun lama kelamaan kulit tangan kita akan merasakan sakit. Dari kejadian tersebut, ketika bermain layangan saya sarankan untuk mengunakan sarung tangan. Agar tangan kalian selalu nyaman dan aman.

2 Sesuaikan Pakaian

Hobi Bermain Layang-Layang
Source : Pixabay

Agar memudahkan kalian ketika bermain layang-layang, saya sarankan untuk mengunakan pakaian yang tidak berat seperti kaos yang mudah menyerap keringat. 

Selain itu, jangan sekali-kali membawa barang bawaan ketika bermain layang-layang seperti bermain sambil menggendong tas, membawa jaket tebal dan masih banyak lagi.

3 Sarapan Terlebih Dahulu

Agar kalian lebih semangat dan fokus ketika bermain layang-layang, jangan lupa sarapan dirumah dahulu.

Mengapa hal tersebut harus kalian terapkan? Karena dalam proses menaikkan layangan juga melibatkan aktivitas fisik sehingga otomatis juga membutuhkan sumber energi yang cukup. Dengan sarapan yang cukup, energi kalian akan semakin kuat dalam beraktivitas bermain layangan.

4 Berpamitan Ketika Bermain

Agar lebih tenang ketika bermain layang-layang, lebih baik kalian ijin dulu ya sob kepada orang tua. 

Sebab, jika kalian tidak pamit kedua orang tua akan mencari kalian. Sehingga ketika sedang asik-asiknya bermain layang-layang, kalian tidak disuruh pulang. 

Bagi kalian yang masih anak-anak, terapkan cara yang satu ini ya guys.


5 Patuhi Protokol Kesehatan

Di musim pandemi Covid-19 kali ini, diharapkan kalian mematuhi protokol kesehatan diantaranya : 
  • Memakai masker
  • Jaga jarak
  • Selalu mencuci tangan
Hal ini agar terhindar dari virus tersebut dan orang disekitar kalian juga aman.

6 Jangan Bermain di Jalanan

Bermain layang-layang di jalanan sangat membahayakan pengguna jalan yang melintas. Karena terdapat peristiwa seperti benang menyangkut pengguna sepeda motor ketika melintas. 

Selain itu, hindari bermain di stasiun, terminal, dan lokasi dekat bandara. Karena jika bermain layang-layang di tempat tersebut berpotensi menyebabkan kecelakaan.

7 Jangan Bermain di Dekat Tiang Listrik

Bermain layang-layang tidak boleh berdekatan dengan tiang listrik. Hal ini bertujuan agar benang layangan tidak menyentuh kabel. Sehingga kalian terhindar dari resiko berbahaya dari kabel listrik.

8 Jangan Bermain Pemukiman

Bermain layangan di rumah
Source : Pixabay

Bermain layang-layang di pemukiman, sangat tidak di rekomendasikan bagi kalian semua. 

Karena hal tersebut bisa mengganggu aktivitas masyarakat sekitar. Selain itu, ketika layangan jatuh, seseorang akan kesulitan memantau arah layangan.

9 Bermain Di Lapangan atau Pantai 

Agar bermain layangan aman dan tenang, bermainlah di tempat yang cukup luas. Tempat aman yang sering dijadikan seseorang bermain layang-layang adalah lapangan dan Pantai. Hal ini bertujuan meminimalisir benang tidak jatuh di tempat berisiko tinggi seperti jalan raya.


10 Jangan Bermain Ketika Cuaca Mendung

Ketika cuaca mendung sebaiknya kalian urungkan niat untuk bermain layang-layang, karena cuaca mendung berpotensi hujan. Apalagi jika layangan kita terbuat kertas, pasti akan terjatuh. 

Selain itu, gelasan benang layangan akan luntur dan hilang. Jadi jangan bermain layang-layang ketika cuaca mendung ya guys.

Posting Komentar untuk "10 Tips Bermain Layang-Layang Yang Benar dan Aman "