Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

7 Tips Ampuh Menghindari Pinjaman Online Ilegal Ala Kominfo

Pinjol Ilegal
Source : Pixabay


Pinjaman online atau bisa kita sebut pinjol, sekarang ini sangat meresahkan banyak orang. Bahkan terdapat kasus yang menyeret seseorang hingga mempunyai hutang ratusan juta. Padahal hutang tersebut berawal dari nominal jutaan.

Bahkan paling berbahayanya, jika seseorang telat membayar, pasti bisa terkena teror baik berupa ancaman pesan Whatsapp bahkan bisa melalui nada panggilan.

Maka dari itu, perlu kehati-hatian agar kita dapat terhindar dari pinjaman online ilegal. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa mengikuti cara yang satu ini.

Berikut 7 Cara menghindari pinjaman online ilegal dikutip dari Instagram Kominfo : 




Langkah Pertama, Hindari Iklan Ajakan Mencolok

Iklan ajakan mencolok terkadang membuat seseorang tergiur untuk melakukan pinjaman online. Terkadang iklan tersebut bisa tersebar di pesan sms, iklan website, iklan di aplikasi, dan masih banyak lagi. 

Jika ada sms yang mengajak untuk melakukan pinjaman online, sebaiknya kalian laporkan nomer tersebut ke pihak yang berwenang ya sob.


Langkah Kedua, Cek Pinjol Dari Situs Resmi ojk.go.id

Langkah kedua, jangan terkecoh dan percaya dengan logo OJK (Otoritas Jasa Keuangan) di aplikasi tersebut. Untuk lebih amannya kalian bisa gunakan Fintech (Finansial Technologypeer to peer lending resmi, yang bisa kalian cek di situ resmi OJK (Otoritas Jasa Keuangan).


Baca Juga : 3 Cara Mudah Mengusir Capung Masuk Rumah


Langkah Ketiga, Pastikan Legalitas Dan Rekam Jejak Digital

Untuk menghindari pinjaman online ilegal, cek legalitas dan rekam jejak digital. Hal tersebut bertujuan agar dapat memastikan alamat kantor atau pengurus secara jelas.


Langkah Keempat, Hindari Pinjaman Dengan Bunga Besar

Sekali lagi, hindari peminjaman dengan fee atau bunga yang cukup besar. Dan sekali lagi, jangan mudah tertipu dengan iklan yang agak nyeleneh yang mengatasnamakan OJK atau Fintech tertentu.


Langkah Kelima, Teliti Syarat dan Ketentuan Berlaku

Agar kalian tidak menjadi korban pemerasan, kalian wajib membaca syarat dan ketentuan tertentu. Jangan sampai kalian terjebak atau dirugikan oleh syarat dan ketentuan tersebut. Jadi hati-hati ya sob, dalam melakukan pinjaman online.


Langkah Keenam, Unduh Aplikasi di Penyediaan Layanan Aplikasi Resmi

Agar lebih aman, pastikan kalian mendownload atau mengunduh di platform resmi seperti Google Play Store, Apple Store, dan juga bisa kalian unduh di situs-situ fintech lainnya.


Langkah Terakhir, Waspada Penyalahgunaan Data

Perlu kalian ketahui, hindari pinjaman online yang meminta izin persyaratan-persyaratan khusus seperti : 

  • Mengakses Kontak Smartphone.
  • Foto kartu ATM. 
  • Hingga sampai foto selfie memegang kartu identitas.


Baca Juga : 7 Tips Mudah Melindungi Helm Agar Tidak Hilang


Posting Komentar untuk "7 Tips Ampuh Menghindari Pinjaman Online Ilegal Ala Kominfo"