Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tradisi Unik Tota'an Jember | Pencinta Burung Merpati Wajib Tau!

Burung Dara Tota'an
Source : Pixabay

Pernahkah kalian mendengar Tradisi Tota'an?

Nah bagi yang belum tau, Totakan atau Tota'an merupakan tradisi melepas burung merpati/dara yang umumnya diadakan setiap 1-2 tahun sekali di daerah tertentu seperti Jember dan Lumajang. Namun tak tertutup kemungkinan tradisi ini juga ada di daerah lainnya.

Perlu kalian ketahui, tradisi toto'an sendiri dianggap memiliki simbol kesetiaan bagi para komunitas pencinta burung merpati maupun dara. 

Selain itu, tradisi tota'an juga memiliki manfaat tersendiri dalam mempererat tali persaudaraan antar komunitas burung merpati/dara.



Keunikan Tradisi Tota'an

Tradisi Tota'an Jember Jawa Timur
Source : LokalKarya

Bagi yang belum tau, tradisi tota'an sendiri memiliki keunikan yang jarang dilihat banyak orang. Pasalnya, burung merpati yang dilepas dari jarak yang cukup jauh mampu kembali kepada si pemilik burung.

Dalam kontes lomba tota'an, burung terlebih dahulu diberi tanda, contoh jambul burung diberi pita hingga didandani dengan berbagai pernak-pernik. Dengan begitu, para pemilik tidak kebingungan. 

Namun beberapa kasus, burung merpati terkadang tidak pulang, karena setiap burung toto'an perlu dilatih mengenai kecerdasan dan kepekaan wilayah.

Percaya atau tidak percaya, walaupun burung merpati tersebut di lepaskan di luar pulau, namun selang beberapa hari bakal kembali kepada si pemilik. Sangat menarik bukan? 


Baca Juga : Mengupas Tuntas Desa Wisata Wonomulyo Magetan (New Zealandnya Indonesia)


Tempat Tinggal Merpati Tota'an

Pagu Pon Merpati

Tempat tinggal burung merpati yang digunakan dalam tradisi Tota'an memiliki nama yang cukup unik yaitu Pagu Pon. Pagu Pon sendiri sengaja dibuat tinggi agar sang burung merpati tidak kebingungan ketika kembali ke tempat tinggalnya.

Selain itu, ada sebuah benda berbunyi (mirip lonceng) yang dipasang di bagian ekor merpati agar pemilik tau bahwa merpati sudah kembali di pagu pon.


Bertukar Informasi dan Hiburan

Ketika para pencinta burung merpati berkumpul di tradisi tota'an, disana mereka akan membahas seputar informasi harga jual burung, cara merawat burung, hingga cara menjaga asupan vitamin dan nutrisi burung.

Selain bertukar informasi, ternyata di dalam acara tradisi tota'an terdapat kegiatan hiburan lainnya.


Harga Jual Merpati Tota'an

Semakin burung merpati tota'an berkualitas, maka semakin tinggi pula yang ditawarkan. Menurut masyarakat disana, harga jual merpati yang sering memenangkan berbagai kontes bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.


Baca Juga : Mengenal Karakter Orang Ponorogo Asli | Kalian Wajib Tau!


Posting Komentar untuk "Tradisi Unik Tota'an Jember | Pencinta Burung Merpati Wajib Tau!"