Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gila! Inilah 10 Fakta Ketonggeng Yang Wajib Anda Ketahui

Kalajengking Cambuk

Ketonggeng memiliki banyak julukan yang cukup banyak seperti kalejengking cambuk, ketungging, ketunggeng, hingga serangga berbau. Selain itu, ketonggeng merupakan hewan yang bentuknya menyerupai kalajengking dilengkapi dengan capit dan ekor lancip seperti jarum. 

Namun hewan ini memiliki sejumlah fakta tersembunyi yang unik dan menarik untuk kita bahas. Jadi apakah kalian tau, apa saja fakta mengenai hewan ketonggeng? Dari pada penasaran, yuk simak informasi berikut ini.




1. Ketonggeng Merupakan Hewan Tidak Berbahaya

Bagi orang yang belum tau mengenai hewan ketonggeng, pasti akan langsung membunuhnya ketika melihatnya apalagi jika berada di sekitar rumah. Bentuknya yang menyeramkan seperti kalajengking disinyalir membuat hewan tersebut terbunuh secara cuma-cuma. Apakah kalian melakukan hal yang sama seperti kejadian berikut?

Perlu kalian ketahui, ketonggeng merupakan hewan yang tidak berbahaya sama sekali bagi manusia. Memang ketonggeng memiliki alat pertahanan yaitu dengan menyemprotkan cairan asam seperti bau cuka. Namun jika cairan tersebut terkena manusia, efeknya tidak terlalu bahaya. Akan tetapi kalian harus tetap waspada, sebab jika terkena mata bisa juga menyebabkan iritasi. Jika anda terkena cairan ketonggeng disarankan untuk membilasnya dengan air.

2. Makanan Ketonggeng atau Kalajengking Cambuk 

Cairan ketonggeng yang baunya seperti cuka tadi digunakan untuk melumpuhkan mangsanya seperti kecoa dan jangkrik. Dengan adanya ketonggeng maka populasi jangkrik dan kecoa bisa terkontrol.

Selain kecoa dan jangkrik, ketonggeng juga memakan kaki seribu, kalajengking, cacing, hingga jenis serangga lainnya. Ketonggeng ketika memakan mangsanya dengan cara yang unik yaitu dengan mengunyahnya. Ketonggeng juga termasuk ke dalam hewan karnivora.


3. Ketonggeng Tidak Berbahaya Bagi Kucing

Jika kalian melihat ketonggeng berada di dekat kucing, maka penulis sarankan tidak usah panik. Sebab, ketonggeng tidak memiliki racun yang berbahaya bagi manusia bahkan dengan kucing. Selain itu juga, ketonggeng merupakan hewan yang tidak menyengat.

4. Ciri-Ciri Bau Ketonggeng 

Seperti yang kita bahas tadi, bahwa ketonggeng memiliki ciri-ciri bau yang tidak sedap seperti bau cuka. Di bagian dekat ekor terdapat kantong yang berfungsi untuk menyimpan bau. 

Biasanya ketonggeng akan menyemprotkan cairan tersebut ke arah hidung atau mulut pemangsa. Selain itu, terdapat 2 jenis asam yang di semprotkan ketonggeng, pertama ada asam yang digunakan untuk pemangsa dan yang kedua adalah asam dengan ciri khas bau seperti cuka.

5. Alasan Mengapa Ketonggeng Masuk Rumah

Pasti kalian bertanya-tanya, mengapa sih ketonggeng masuk ke dalam rumah?

Sebenarnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan ketonggeng masuk rumah terjadi, seperti :
- Habitat tempat tinggal ketonggeng terganggu.
- Adanya kenaikan permukaan air yang mempengaruhi tempat tinggal ketonggeng.

Selain itu, ketonggeng sangat aktif ketika malam hari, maka tak heran jika kalian sering melihat ketonggeng di waktu-waktu tersebut. 


6. Habitat Ketonggeng atau Kalajengking Cambuk

Banyak yang bertanya-tanya, ketonggeng atau kalajengking cambuk bertempat tinggal dimana? 

Habitat ketonggeng umumnya berada di sekitar kayu yang sudah lapuk, puing-puing, dibawah batu, dan terkadang berada di cela-cela sekitar rumah kita. Ketonggeng merupakan hewan yang mudah di temukan di daerah tropis dan subtropics. Selain itu, ketonggeng merupakan hewan yang suka tinggal di tempat gelap dan lembab. 

7. Perbedaan Kalajengking dan Ketonggeng 

Berikut merupakan perbedaan antara kalajengking dan Ketonggeng, yang wajib kalian ketahui,


Kalajengking Ketonggeng
Memiliki Ukuran Lebih Besar Memiliki Ukuran Lebih Kecil
Warna Lebih Mencolok Warna Lebih Buram atau Pucat
Cairan Yang Di Keluarkan Neurotoksin Cairan Yang Di Keluarkan Zat Asam
Capit Lebih Besar Capit Lebih Kecil

8. Harga Kalajengking Cambuk

Menurut data di berbagai marketplace yang ada, harga kalajengking cambuk atau ketonggeng masih dikisaran 10 ribu sampai 25 ribu. Melihat harga tersebut, apakah kalian tertarik untuk memliharanya?

9. Jenis-Jenis Kalajengking Cambuk atau ketonggeng

Setidaknya ada 3 jenis ketonggeng yang perlu kalian ketahui, diantaranya :
  • Ketonggeng (Kalajengking Cambuk) Kecil (Pesanan Palpigradi)
  • Order Schizomida atau Kalus Kalajengking
  • Order Amblypygi Taquess Whipscorpions

10. Mengusir Ketonggeng

Ketonggeng memang tidak berbahaya, namun bagi kalian yang tidak suka kehadiran ketonggeng penulis sarankan untuk tidak membunuhnya. Sebab, kalian bisa mengusirnya dengan cara menyiram dengan air atau bisa juga menangkapnya dengan plastik.


Baca Juga : 7 Manfaat Mengejutkan Tanaman Porang Bagi Kehidupan