Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Mitos Tanaman Jengger Ayam | Ternyata Banyak Yang Belum Tau?

Bunga Jengger Ayam

Tanaman Jengger Ayam merupakan tanaman yang bentuk bunganya menyerupai daging merah di bagian kepala ayam jago/ayam jantan yang biasa kita sebut jengger. Selain itu, tanaman jengger ayam atau tanaman jewer kotok memiliki nama latin "Celosia Cristata".

Perlu anda ketahui, bahwa tanaman jengger ayam terkadang tumbuh liar di sekitar tempat tinggal kita. Maka tak heran, jika tanaman hias ini sering kali menjadi daya tarik bagi orang sekitar.

Saking indahnya, bunga jengger ayam sering kali diperdagangkan oleh beberapa pendagang tanaman hias. Jika dijual, harga bunga jengger ayam berkisar di angka belasan ribu rupiah. Sangat murah bukan, jika kalian ingin membelinya.

Namun siapa sangka, dibalik keindahannya ternyata tanaman jengger ayam menyimpan berbagai cerita mitos yang hingga sekarang ini menjadi misteri di kalangan masyarakat. Apakah kalian tau, mitos apa yang ada di tanaman jengger ayam? Dari pada penasaran, yuk langsung saja kita bahas di bawah ini.



1 Memiliki Aura Yang Dingin 

Beberapa orang yang percaya di dunia mistis berkata, bahwa daun kelor memiliki aura dingin atau positif. Aura tersebut diyakini menjadi pertanda bagi orang-orang di sekitarnya agar terhindar dari hal-hal negatif atau aura panas.

Lantas apa kaitannya dengan tanaman jengger ayam? Menurut orang yang mempercayainya, bahwa tanaman jengger ayam memiliki aura positif atau dingin seperti tanaman kelor.

Maka tak heran, jika tanaman jengger ayam sering dijadikan pagar/temeng dari gangguan makhluk gaib.

Apakah mitos ini sama dengan cerita yang berada di tempat tinggal kalian?


2. Tanaman Pembawa Hoki

Ada lo yang mengatakan bahwa tanaman jengger ayam pembawa hoki. Entah dari mana mitos ini berasal, namun beberapa orang mengatakan hal tersebut. 

Untuk mitos ini, mimin sangat setuju. Sebab, jika tanaman jengger ayam di tanam di sekitar tempat tinggal kita akan menambah keindahan rumah dan mempercantik suasana lingkungan rumah.

Gimana, apakah kalian setuju menanam tanaman jengger ayam?

Perhatian : "Perlu saya ingatkan bahwa mitos bersifat tidak pasti dan tidak bisa dibuktikan kebenarannya". "Maka dari itu, tujuan dibuatnya artikel ini ditunjukkan untuk menambah wawasan dan informasi kalian semua mengenai dunia mitos dan misteri tanaman jengger ayam".

Bagi yang belum tau bentuk tanaman jengger ayam, kalian bisa menonton video berikut ini.