Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gawat! Ternyata Ini Mitos Lintah Masuk Rumah

Mitos Lintah Bulan

Lintah merupakan hewan yang masih termasuk di keluarga cacing beruas atau Annelida. Selain itu, lintah mempunyai alat penghisap darah di bagian ujung ekor dan ujung kepala.

Terkadang kita juga tidak sadar, bahwa lintah senang menempel di bagian kaki serta menghisap darah. Lantas, apakah hewan lintah berbahaya?.

Sebenarnya gigitan lintah tidak berbahaya dan terkadang membuat terkejut kita saja. Akan tetapi, alangkah baiknya untuk sesegera mungkin melepas lintah yang menempel di bagian tubuh kita. Hal ini bertujuan agar kita bisa menghentikan keluarnya darah dan menghindari infeksi dari serangan lintah.

Tapi pernahkah kalian, menemukan lintah masuk rumah di malam hari? Jika iya, bisa jadi akan ada pertanda yang mengejutkan yang menimpa diri kalian di kemudian hari.

Dari pada penasaran, langsung saja kita bahas seputar mitos lintah berikut ini.





Mitos Lintah Masuk Rumah di Malam Hari

Apakah dirumah kalian saat ini tiba-tiba didatangi lintah ketika malam hari? Jika iya, kalian wajib waspada!

Sebab, ada yang mengatakan bahwa lintah masuk rumah di malam hari memiliki arti bahwa akan ada serangan santet/ilmu hitam yang menimpa diri kalian. 

Anggap ini muncul akibat suatu pemahaman bahwa santet bisa berbentuk benda, hewan, atau kondisi mistik lainnya. 

Pertanda ini juga dikuatkan dengan primbon jawa, bahwa serangan santet bisa dibaca dengan munculnya bau busuk yang tidak diketahui keberadaannya dan munculnya lintah di dalam ruamah.

Selain itu, pembahasan ini, sama halnya dengan mitos lintah bulan masuk rumah di malam hari.

Walaupun sumber utama dari mitos ini tidak jelas, akan tetapi mitos tersebut sangat menarik untuk kita bahas.

Lintah Masuk Rumah Menurut Islam

Hingga saat ini, masih tidak ada yang bisa menjelaskan lintah masuk rumah menurut islam. Jika punya pendapat lainnya, kalian bisa comment di kolom komentar.

Perhatian : Mitos tidak bisa dibuktikan kebenarannya. Jadi, kalian tidak perlu memikirkannya secara berlebihan. Yang terpenting berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberikan keselamatan.


Kenapa di Rumah Ada Lintah?


Perlu kalian ketahui, bahwa lintah masuk rumah diakibatkan beberapa faktor diantaranya sebagai berikut.

1. Lingkungan Sekitar Rumah 

Lintah memiliki habitat asli yaitu rawa, laut, sungai, hingga di persawahan. Nah, jika kalian berada di daerah tersebut, maka besar kemungkinan bahwa lintah akan lebih sering masuk ke dalam rumah kalian.

2. Bencana Banjir 

Mungkin daerah kalian sering mengalami banjir. Besar kemungkinan bahwa bencana tersebut menyebabkan lintah terbawah arus dan al hasil banyak lintah masuk ke dalam rumah. 

Momen tersebut juga sering dimanfaatkan lintah untuk mencari persembunyian kalian di dalam rumah kalian.

3. Terdapat Kolam Di Sekitar Rumah

Lintah suka di daerah berair, termasuk juga tempat kolam. Jika di sekitar terdapat kolam, besar kemungkinan lintah masuk ke dalam rumah kalian.

4. Suka Berada di Tempat Lembab

Selain suka dengan tempat berair, lintah juga sangat senang berada di tempat lembab. Gambaran ini sama seperti tempat saluran pembuangan atau got. 

Jadi selain kolam, saluran pembuangan bisa juga menyebabkan lintah masuk rumah.

5. Terdapat Sumber Makanan Yang Di Sukai Lintah

Mungkin di rumah kalian terdapat sumber makanan yang disukai lintah. Hal ini ternyata bisa menjadi faktor lintah masuk ke dalam rumah.