Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Pantai Paseban Jember | Surganya Wisata di Kabupaten Jember

Pantai Paseban

Dalam edisi liburan kali ini, tim cakwicak akan membahas mengenai salah satu destinasi wisata yang cukup terkenal di Kabupaten Jember, yaitu Pantai Paseban.

Dari sini, apakah kalian sudah pernah mengunjungi pantai paseban? atau jangan-jangan kalian mau mampir kesini?

Untuk spoiler-spoiler sedikit, kami akan memberikan review tentang pantai paseban secara fakta dan detail berdasarkan pengalaman saya ketika mengunjungi salah satu wisata pantai jember ini.

Dari pada penasaran, cus langsung saja kita bahas di bawah ini.


  

Tentang Pantai Paseban

Pantai paseban adalah salah satu pantai di jember yang memiliki pasir hitam dengan ombak yang cukup tinggi. Jika kita amati dari peta atau Google Maps, pantai paseban termasuk ke dalam bagian pantai selatan yang ada di Pulau Jawa.

Selain itu, jika kita mengamati keindahan pantai paseban akan nampak pemandangan pulau yang sangat indah di seberang pulau paseban. Pulau tersebut bernama nusa barong. Pulau tersebut ternyata masih berada di wilayah jember dan tidak berpenghuni.

Untuk ombak di pantai paseban cukup tinggi dan menurut kami sangat berbahaya. Jadi usahakan jangan berenang di pantai paseban ya guys.

Akan tetapi, bagi yang memiliki hobi surving, kalian bisa menyalurkan bakat alami kalian di pantai paseban.

Perlu diketahui, bahwa masyarakat sekitar sering memanfaatkan lokasi pantai paseban untuk bermain voli atau hanya sekedar menikmati pemandangan pantai sembari menunggu moment sunset.

Jadi wisata pantai paseban merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat cocok ketika bersama keluarga, teman, saudara, hingga sang pujaan hati.


Festival di Pantai Paseban

Selain pemandangan yang indah, ternyata pantai paseban memiliki daya tarik lainnya yang membuat para wisatawan datang kesini, yaitu "Acara Pekan Raya Pantai Paseban". 

Menurut informasi masyarakat sekitar, acara tersebut diadakan setiap tanggal 1 sampai 10 syawal. Jadi pastikan kalian tidak ketinggalan ya.

Waktu Yang Cocok Ketika Mengunjungi Pantai Paseban

Setelah mengetahui gambaran mengenai pantai paseban, kami akan membahas mengenai waktu yang pas ketika menikmati pemandangan pantai paseban.

Menurut pengalaman kami, waktu yang pas untuk mengunjungi pantai paseban yaitu pagi hari (06.00 - 08.00 WIB) atau sore hari (15.00 - 17.30     WIB).

Ketika pagi hari, suasana pantai paseban sangat sejuk dan pemandangan cukup bagus. Apalagi ketika sore hari, kita bahkan bisa melihat sunset atau matahari terbenam yang didampingi indahnya lengkungan Gunung Semeru.

Fasilitas di Wisata Pantai Paseban

Ada beberapa fasilitas di wisata pantai paseban jember, diantaranya sebagai berikut :
  • Tempat Parkir
  • Warung Makan dan Tempat Jajan
  • Mushola
  • Camping Area
  • Gazebo atau Tempat Duduk
  • Wahana Permainan
  • Hingga Toilet dan Kamar Mandi Umum

Harga Tiket Pantai Paseban

Perlu kalian ketahui, bahwa pantai paseban tidak terdapat tiket masuk alias gratis. Jadi, pantai paseban merupakan salah satu rekomendasi wisata murah meriah di Jember. 

Tapi perlu diingat, jika Anda membawa kendaraan sendiri ke pantai paseban nantinya akan ada tarif khusus Rp 5.000 untuk kendaraan bermotor sedangkan Rp 10.000 untuk kendaraan roda 4/mobil.

Lokasi Pantai Paseban

Untuk lokasi pantai paseban sendiri terletak di Paseban, Kecamatan Kencong, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengikuti petunjuk peta Google Maps berikut ini.


Pantai Paseban Buka Hari Apa?

Menurut informasi yang ada, pantai paseban buka setiap hari 24 jam. Jadi tak usah khawatir ketika mengunjungi tempat ini ya guys.


Gambar Wisata Pantai Paseban 

Berikut merupakan foto wisata pantai paseban dengan keindahan yang cukup memukau bagi siapapun yang melihatnya.

Pantai Paseban Pasir
Pemandangan di Pinggir Pantai Paseban

Pemandangan Pantai Paseban
Pemandangan Laut di Pantai Paseban

Sunset di Pantai Paseban
Sunset di Pantai Paseban

Kritikan Mengenai Wisata Pantai Paseban Jember

Selain menikmati keindahan yang ada di pantai paseban, kami juga memberikan kritikan dengan tujuan, agar wisata disini bisa berkembang dan diharapakan bisa menjadi ikon wisata tersendiri bagi Kabupaten Jember. Berikut point-point kritikan mengenai pantai paseban jember diantaranya sebagai berikut :

  1. Masih banyaknya sampah berserakan di sekitar pantai
  2. Akses jalan menuju pantai paseban perlu ditingkatkan lagi
  3. Jika dikelola dengan baik, wisata pantai paseban bisa menyerap tenaga pekerjaan bagi masyarakat sekitar.

Itu saja review mengenai pantai paseban yang wajib kalian ketahui. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Mengupas Tuntas Desa Wisata Wonomulyo Magetan (New Zealandnya Indonesia)