Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mengungkap Lebih Detail Terowongan Belanda di Ponorogo


Ponorogo terkenal dengan keseniannya yaitu reog ponorogo, namun ternyata kota ini memiliki tempat yang patut di kunjungi, salah satunya terowongan belanda. Terowongan Belanda terletak di kawasan wisata telaga ngebel. Namun hingga sekarang sedikit sekali orang yang mengunjungi terowongan belanda ini. Dilihat dari cerita misteri sampai sejarah, terowongan belanda patut kalian eksplore. Untuk itu kali ini saya akan membahas lebih dalam tentang terowongan belanda.


1| Sejarah Terowongan Belanda Ponorogo


Terowongan belanda terletak di kawasan Gunung Wilis dan berada dekat dengan wisata telaga ngebel. Namun, jika kalian berada di telaga ngebel pasti jarang sekali mampir ke terowongan belanda. Padahal banyak sekali kisah-kisah sejarah yang menarik untuk anda pelajari. 

Tahukah kalian, jika terowongan ini memiliki sebutan berbeda-beda bagi penduduk sekitar. Jika seseorang tersebut hidup di zaman penjajahan belanda maka terowongan tersebut dijuluki dengan terowongan belanda, namun jika seseorang tersebut hidup di jaman jepang maka terowongan tadi disebut dengan terowongan jepang. Selain itu, terowongan belanda dulunya merupakan terowongan yang bertujuan untuk mengisi air telaga ngebel. Menurut penjaga terowongan tersebut, terowongan belanda dibangun oleh belanda ketika masa penjajahan jepang.

Ketika masa penjajahan jepang, terowongan tersebut juga pernah dijadikan persembunyian warga setempat. Tak hanya itu, menurut cerita yang beredar bahwa terowongan belanda digunakan untuk menyimpan senjata yang digunakan untuk melawan penjajah.   


2| Sempat Tidak Terurus

Terowongan belanda dulunya tidak terawat dengan baik, hingga sangat menakutkan untuk dikunjungi. Bahkan dulu banyak orang yang tidak berani ke tempat tersebut dan terdapat larangan  bagi para pendatang untuk berkunjung ke terowongan belanda dikarenakan banyak ular berbisa ditempat tersebut. Namun seiring perkembangan zaman, terowongan belanda sekarang lebih bersih dan nyaman untuk dikunjungi. Hal itu bisa terjadi karena pada tahun 2003 PLN membangun kembali terowongan belanda. Berkat pembangunan tersebut terowongan yang dulunya mempunyai panjang 235 meter sekarang menjadi 300 meter, dengan lebar 0,5 meter dan tinggi 2 meter. Namun hingga saat ini, fungsi terowongan tersebut masih sama yaitu mengalirkan air dari sungai nderam ke telaga ngebel.

3| Tempat Wisata 


Bagi kalian yang sering traveling, tidak ada salahnya untuk mampir ke tempat ini. Karena tempat ini menampilkan nuansa pemandangan alam yang sangat indah dan yang pasti wisata ini gratis. Selain itu, perjalanan menuju terowongan belanda sangat indah, nanti kalian akan disuguhkan dengan suara-suara aneka ragam burung yang sangat unik dan indah. 

Dalam perjalanan menuju terowongan belanda kalian akan menempuh perjalanan yang cukup panjang. Namun kalian jangan khawatir, ketika kalian sudah berada di  terowongan belanda banyak sekali spot foto yang kece. Apakah kalian tertarik ke tempat ini?

4| Misteri 


Terdapat mitos yang tidak masuk akal yang saya dengar menurut cerita orang yang saya temui. Konon air yang mengalir dari goa tersebut berasal dari pantai selatan. Selain itu, ada masyarakat sekitar yang pernah mendengar suara seperti segerombolan pasukan yang bahasanya tidak dimengerti oleh masyarakat. Entah percaya atau tidak, misteri tersebut sebagai refrensi untuk kita ketahui.


5| Akses Jalan dan Lokasi


Jika kalian dari luar kota dan tidak tau lokasi tersebut kalian cukup ketik saja di google maps wisata telaga ngebel. Setelah sampai di wisata telaga ngebel, selanjutnya kalian cari masjid jami disekitar wisata telaga ngebel. Setelah itu, parkir kendaraan anda di masjid tersebut dan jika kalian tidak tau tentang lokasi terowongan belanda tanyakan pada warga setempat. Setelah itu kalian akan bertemu dengan sungai kecil, dan untuk menuju ke terowongan belanda ikutilah aliran sungai kecil tersebut. Saya sarankan jika kalian kesana di temani teman kalian jangan sampai sendirian. Jika ingin menyusuri terowongan belanda lebih dalam saya sarankan untuk ijin dengan sang juru kunci saat ini yaitu mbah sakun. 


Baca Juga : Jangan Kesini!! 7 Tempat Paling Angker di Madiun