Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wajib Tau! Fakta Menarik dan Terlengkap Seputar Kota Madiun

Seputar Madiun

Madiun merupakan kota yang terletak di provinsi Jawa Timur yang menyimpan banyak potensi, mulai dari pariwisata hingga budayanya. 

Memiliki wilayah yang strategis membuat Kota Madiun menjadi jujugkan terbaru bagi orang luar Kota Madiun.

Namun banyak yang belum mengetahui jika Kota Madiun memiliki fakta yang menarik untuk kita bahas.

Dari pada bertele-tele, yuk langsung saja kita bahas di bawah ini


Memiliki Julukan Yang Unik

Di berbagai wilayah di Indonesia pasti memiliki sebutan yang cukup unik untuk di ingat oleh banyak orang, tak kecuali dengan Kota Madiun. Sebutan ini membuat Masyarakat Kota Madiun menjadi bangga.

Namun apakah kalian tau sebutan Kota Madiun? atau jangan-jangan kalian orang luar Kota Madiun? Dari pada penasaran, yuk baca sebutan di bawah ini.


1| Dijuluki Sebagai Kota Pecel

Madiun Kota Pecel

Pecel Madiun merupakan makanan khas yang banyak dikenal banyak orang. Bagi orang luar Kota Madiun, pecel madiun memiliki ciri khas yang pas dan khas untuk dinikmati di berbagai golongan, dari anak-anak hingga orang tua.

Selain itu, pecel madiun memiliki harga yang cukup terjangkau bagi para penikmatnya. Sehingga orang yang datang ke Madiun pasti akan membeli dengan porsi yang cukup banyak.

Ketika ke Kota Madiun, kalian tidak usah khawatir kehabisan nasi pecel madiun, karena di kota ini banyak sekali yang menjual semua makanan ini.

Jadi tak heran jika Madiun disebut sebagai Kota Pecel

2| Memiliki Sebutan Kota Gadis

Kota Gadis

Gadis? apa sih?

Nah gadis disini bukan gadis tetangga kalian ya guys, melainkan singkatan dari Kota Perdagangan, Pendidikan, dan Industri. 

Jadi walaupun Kota Madiun tidak sebesar kota-kota lainnya, namun dengan wilayah yang strategis, Kota Madiun menjelma sebagai kota yang memiliki perkembangan sangat cepat.

Salah satu bukti nyata yang bisa dilihat adalah 
  • banyaknya pelaku usaha, 
  • banyaknya sekolah-sekolah atau universitas
  • serta terdapat salah satu industri di Kota Madiun adalah PT INKA (Industri Pembuatan Kereta Api).
Dengan begitu, tak heran jika Kota Madiun dijuluki sebagai Kota Gadis (Kota Perdagangan, Pendidikan, dan Industri)

3| Disebut Sebagai Kota Pendekar

Madiun Kampung Pesilat

Madiun dikenal sebagai kota pendekar karena terdapat berbagai macam perguruan pencak silat yang sekarang ini masih populer di kalangan masyarakat Madiun.

Perlu kalian ketahui, pencak silat asli Madiun sudah sangat terkenal di seluruh wilayah Indonesia hingga Mancanegara. Perguruan tersebut diantaranya ;
  • Perguruan Merpati Putih
  • Tapak Suci
  • PSHW Tunas Muda
  • PSHT
  • IKS Pro Patria
  • Persinas Asad
  • Pagar Nusa
  • Ki Ageng Pandan Alas
  • IKSPI Kera Sakti
  • OCC Pangastuti
  • SH Tuhu Tekad
  • Persaudaraan Rasa Tunggal
  • Cempaka Putih
  • Persati

Sebagai Kota Pendidikan

Kota Madiun dikenal sebagai salah satu kota pendidikan yang ada di Jawa timur. Banyak sekali perguruan tinggi yang berkualitas di kota ini, mulai dari perguruan tinggi negeri hingga perguruan tinggi swasta.

Jika kalian ingin melanjutkan ke perguruan tinggi di Madiun, kalian bisa klik disini.

Tempat Wisata Hitz

Tempat Wisata di Kota Madiun

Rugi lo.. jika kalian tidak berkunjung ke Kota Madiun. Ternyata kota yang satu ini memiliki tempat wisata yang cukup unik dan menarik. Tidak hanya itu, rata-rata wisata yang ada di Kota Madiun gratis alias tidak perlu membayar.

Salah satu wisata yang cukup unik dan dikenal di Kota Madiun adalah Pahlawan Street Center. Wisata yang satu ini memiliki julukan sebagai Malioboronya Kota Madiun. 

Jadi gak usah jauh-jauh main ke jogja ya guys, cukup ke Kota Madiun, Ok..

Jika kalian berada di wilayah sekitaran madiun atau sedang berkunjung di Madiun, tidak salahnya untuk mampir ke tempat yang satu ini.

Selain itu, wisata yang ada di Kota Madiun cukup beragam mulai dari wisata kuliner, wisata sejarah, hingga wisata religi.

Untuk lebih lengkap tentang wisata di Kota Madiun lainnya, kalian bisa klik disini.

Karakter Orang Madiun

Karakter Orang Madiun

Orang Madiun dikenal memiliki ciri khas yang ramah, sopan, dan memiliki bahasa yang khas. Jika kalian ke berada di Kota Madiun tidak usah khawatir bagaimana karakter orang-orangnya, bisa dijamin aman.

Untuk lebih lanjut mengenai karakter orang Madiun secara detail lagi, kalian bisa klik disini


Sejarah Singkat Kota Madiun

Sejarah Kota Madiun

Dahulu kala madiun merupakan suatu wilayah yang di rintis oleh Ki Panembahan Ronggo Jumeno. 

Saat melakukan babat alas di tanah Madiun, Ronggo Jumeno melihat banyak sekali hantu berkeliaran. Dengan kejadian tersebut, kata Madiun berasal dari Medi (hantu) dan Ayun-Ayun (berayun) jadi hantu ketika membabat tanah Madiun terdapat hantu yan berkeliaran.

Apakah terdapat sejarah menarik lainnya? pasti ada, tapi jika dibahas tidak akan ada habisnya karena masih banyak sejarah-sejarah menarik lainnya di Kota Madiun.

Plat Nomer Kendaraan


Jika ke Kota Madiun dan sekitarnya pasti kalian akan melihat plat kendaraan dengan kode AE. 

Nah sebenarnya plat nomer ini tidak hanya di pakai di Kota Madiun saja melainkan berlaku di wilayah Karesidenan Madiun seperti Ngawi, Pacitan, Magetan, Ponorogo, Caruban, dan Pacitan.


Posting Komentar untuk "Wajib Tau! Fakta Menarik dan Terlengkap Seputar Kota Madiun"